/**/////////////** <title>Design Interior Rumah

Januari 10, 2015

Design Interior Rumah



Design interior rumah merupakan satu hal yang sangat penting dalam membuat bangunan  tempat tinggal [hunian]. Banyak sekali pengertian atau definisi dari design interior rumah ini, salah satunya adalah : 

The American Society of Interior Designers (ASID) mendefinisikan mengenai interior designer sebagai seseorang yang memiliki kriteria sebagai berikut: "Interior designer is professionally trained to create a functional and quality interior environment. Qualified through education, experience and examination, a professional designer can identify, research and creatively resolve issues and lead to a healthy, safe and comfortable physical environment."

Pendapat diatas menjelaskan bahwa  desainer interior adalah seorang yang terlatih secara profesional untuk menciptakan lingkungan interior yang fungsional dan berkualitas. Karena telah terkualifikasi melalui pendidikan, pengalaman dan ujian, seorang desainer interior dapat mengidentifikasi, meneliti dan secara kreatif memecahkan permacalahan dan mengarahkan perancangan menuju lingkungan fisik yang sehat, aman dan nyaman.[Chory22]



Design interior rumah yang baik harus memenuhi beberapa unsur antara lain unsur kesehatan, unsur kenyamanan dan keindahan serta unsur  keamanan.

Unsur Kesehatan :
Didalam interior rumah perlu dipertimbangkan adanya sirkulasi udara yang baik, adanya pencahayaan yang cukup khususnya cahaya yang bersifat natural [Matahari], bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung zat berbahaya.

Unsur Kenyamanan dan keindahan :
Perlu memperhatikan tata letak maupun bentuk furniture yang ada, kombinasi pewarnaan atau cat dinding perlu diperhatikan. Sebisa mungkin ditambah dengan pemasangan gambar maupun lukisan didinding. Untuk penataan keindahan dan kenyamanan ini bisa dilakukan dengan cara berselancar [browsing] diinternet.

Unsur Keamanan :
Dalam hal ini perlu para penghuni perlu melindungi diri dari ancaman internal maupun eksternal. Ancaman internal misalnya agar terhindar dari kebakaran akibat hubungan arus pendek instalasi listrik perlu menggunakan bahan yang  berkualitas bagus yang dikerjakan oleh instalatur resmi. Demikian juga untuk instalasi air dan gas perlu diperhatikan keamanannya. Sedangkan dari faktor eksternal bisa diakibatkan oleh pencurian, perampokan, gigitan binatang berbahaya dan lainnya.




Bagi orang yang mempunyai uang hal seperti ini tidak jadi masalah, tinggal panggil designer, beli bahan panggil tukang atau diserahkan kepada kontraktor berpengalaman. Tetapi tidak demikian halnya dengan orang yang kurang mampu, mungkin agak sulit untuk men design interior rumah mereka. Namun bukankah mendesign rumah tidak harus menggunakan bahan terbaik? Oleh sentuhan-sentuhan tangan yang berpengalaman bahan kualitas rendahpun bisa disulap menjadi wah. 

Semoga